Skip to content

Kebersihan Gigi dan Mulut sebagai Kunci Sukses Kehidupan

Memang jauh hubungannya antara kebersihan gigi dan mulut dengan kunci sukses kehidupan, tapi sebenarnya ini semua saling berkaitan loh. Mau tau? Oke, disini bakal aku tinjau dan jabarin dari berbagai aspek yah.

  1. Aspek Sosial
    Rata-rata orang yang giginya sakit, bau mulut atau kotor pasti banyakkan yang enggak percaya diri dengan keadaan mulut mereka. Terlebih lagi mereka takut jadi bahan omongan orang-orang disekitarnya dan dijauhi.
  2. Aspek Cinta
    Kalau mulut kamu bau, pasti kamu malu dong dicium sama pasangan kamu atau sebaliknya. Dan dari pengalaman dokter gigi dari masa kemasa, rata-rata kakek nenek itu malu sama pasangannya sendiri kalau mereka enggak punya gigi, makanya mereka pake gigi palsu pas malam hari yang sebenarnya salah banget dan bisa ngerusak.
  3. Aspek Ekonomi
    Kalau kamu rajin jaga kebersihan gigi dan mulut kamu, kamu enggak bakal ngeluarin banyak ongkos untuk kedokter gigi. Ini beneran loh, soalnya perawatan gigi itu mahal banget apalagi kalau masalah gigi kamu itu komplikasi banget.
  4. Aspek Karir
    Umumnya kita selalu dituntut untuk tampil sempurna, selain bau mulut, gigi bolong, dan gigi hitam, orang akan sangat tidak percaya diri kalau giginya tidak rapih dan berantakkan. Maka itu akan sangat ngaruh keperkerjaan kita yang dituntut untuk selalu berhadapan dengan orang banyak.
  5. Aspek Hukum
    Hubungannya sih jauuuuuuuuuh banget sama hukum tapi setidaknya kamu akan terhindar dari korban malpraktik deh yang bakal berentet banget masalahnya.
  6. Aspek Politik
    Kesannya enggak ngaruh banget nget nget, jika ditelaah lebih dalam, kalau gigimu enggak bermasalah kamu tidak akan sulit menemukan cara untuk berargumen, bernegosiasi atau persuasi karena kamu enggak akan dipusingin sama gigi yang sakit.
  7. Aspek Agama
    Agama manapun itu mengajarkan perbuatan dan sikap yang merugikan diri sendiri akan mendapatkan dosa, so dari pada numpuk dosa dan penyakit, mending ngumpukin pahala dan sehat selalu.
  8. Aspek Kultur dan Budaya
    Kebanyakkan kultur dan budaya pasti punya cerita masing-masing mengenai gigi, karena gigi itu tidak lepas dari kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan manusia disekitar kita.
  9. Aspek Lingkungan
    Dengan kamu merawat gigi kamu maka kamu tidak akan membuang limbah yang dihasilkan setelah perawatan gigi, karena limbah manusia dan alat-alat medis itu sangat berpengaruh pada lingkungan disekitar kita.
  10. Aspek Pendidikkan
    YES! Ini ngaruh banget! Karena kamu juga enggak akan terganggu dengan gigi sakit ketika belajar.
  11. Aspek Kesehatan
    Last but not least. Kesehatan gigi dan mulut bakal ngaruh kekesehatan umum. Coba bayangin kalo kamu sakit gigi dan gak mau makan, kamu pasti kena maag. Terus kali ternyata kamu jantungan dan tanpa diketahui ada bakteri yang masuk dari perederannyaa disekitar gigi dan menuju jantung kamu, hal ini bakal fatal banget akibatnya.

Mungkin dari berbagai aspek yang dijabarkan kamu bakal mikir ini mengada-ngada tapi enggak loh, ini buah hasil pemikiran dari generasi kegenerasi yang merasa kasihan dengan keadaan gigi dan mulut manusia pada zaman ini.

Yuk selagi kamu muda dan belum telat, mari kita jada kebersihan gigi dan mulut kita. Kalaupun udah sakti gigi, segera kedokter gigi dan jangan tunda lagi karena sakit gigi menunjukkan gigi kamu masih hidup dan butuh pertolongan, masa kamu enggak mau nolong diri kamu sendiri sih? Ingat yang bisa menolong kita adalah diri kita sendiri.

Sebenarnya simple banget ngerawat kebersihan gigi dan mulut kita. Cukup dengan sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Jangan lupa untuk sikat gigi dengan cara yang benar bukan asal-asalan. Dan kalau kamu udah mulai merasa sakit, segera kedokter gigi sebelum makin parah.

SALAM GIGI SEHAT DARI CALON DOKTER GIGIMU!

2 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: