Skip to content

Dokter Gigi Banyak Profesi

Sering enggak sih kita lihat dokter gigi ini memiliki profesi lain, dari jadi artis, politis, aktivis, model, dan masih banyak profesi ganda lainnya yang dilakukan oleh para dokter gigi ini. Mau tau siapa aja dokter gigi yang punya profesi ganda? Berikut ini profil dokter gigi dalam dan luar negeri yang mampu melakukan hal hal diluar bidangnya. Yuk kenalan sama mereka.

  1. Hotlin Ompusunggu
    Pernah enggak kebayang seorang dokter gigi membantu alam dalam penyelamatan orangutan? Apa hubungannya antara orang utan dan kesehatan gigi dan mulut? Ternyata ada! Dalam pidato penghargaan yang diterima dokter gigi Hotlin Ompusunngu dari Whitley Award 2001 dari The Royal Princess, Putri Anne, dari Kerajaan Inggris, ia menjelaskan pengalamannya ketika merawat gigi seorang anak yang terinfeksi berat karena orang tuanya tak sanggup membayar pengobatan gigi, ayah anak tersebut menolak untuk menebang pohon agar melindungi hutan. Akhirnya dokter lulusan FKG Universitas Sumatra Utara ini merawat anak itu diklinik yang dinamai Alam Sehat Lestari (Asri Klinik) di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, hingga sembuh dan ayahnya hanya membayar dengan bibit pohon yang bisa ditanam.

    Klinik yang dibangun dengan kedua rekannya itu menerapkan sistem pembayaran yang unik demi keberlangsungan lingkungan hidup disekitarnya. Jika yang datang berasal dari desa yang tak pernah menebang pohonnya maka pasien tersebut akan mendapatkan diskon perawatan yang paling besar, namun jika pasien tersebut datang dari desa yang paling banyak menebang pohon maka pasiennya akan mendapatkan diskon paling kecil.
  2. Alaa Al Aswany
    Dinegara Mesir ternyata juga terdapat dokter gigi yang aktif didunia politik. Dr. Al Aswany juga aktif terlibat dalam demo yang mengakibatkan Presiden Hosni Mubarak lengser di tahun 2011. Beliau sudah banyak menulis untuk berbagai media international dan karyanya telah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa.
    Karyanya adalah: The Yacoubian Building (2004), Chicago (dinamakan sebagai novel terjemahan terbaik tahun 2006 oleh newsday)Friendly Fire: Ten Tales of Today’s Cairo dan The Automobile Club of Egypt.
  3. Rosa Rai Djalal
    Sudah dokter gigi, cantik, pintar pula! Dokter gigi Rosa Rai Djalal yang merupakan lulusan FKG Universitas Indonesia ini mempunyai segudang prestasi dari menjadi anggota Paskibraka 1990,  Abang None Jakarta (Juara III), Putri Indonesia 1995 (Run­ner Up I) hingga Miss World University (masuk lima besar dan terpilih sebagai Miss Fashion).  Ketika ia menikah dengan Dino Pati Djalal tahun 2004, kehidupannya sebagai istri diplomat pun berubah.

    Ia mengetuai Asosiasi Wanita Indonesia-Amerika saat suaminya menjabat sebagai dubes Indonesia untuk Amerika Serikat. Di awal tahun 2011 beliau ditunjuk menjadi wakil Presiden dari Southeast Asian Women Association di Washington, D.C.  Selain itu dia juga mendirikan dan mengetuai Yayasan Al Hamid yang memberikan beasiswa kepada siswa siswi yatim piatu dan dari keluarga tak mampu di Cilegon, Banten. Ia juga perduli dengan kesejahteraan para pembuat perhiasan sehingga dia ditunjuk sebagai salah satu dewan dari Mutu Manikam Nusantara (the Indonesian Jewelry), sebuah LSM yang bertujuan meningkatkan mutu pengrajin perhiasaan terutama yang berasal dari industri rumahan. Tak hanya perhiasaa beliau juga menjadi salah satu pendiri dari Perhimpunan Kebayaku yang bertujuan untuk mempromosikan pakaian khas Indonesia.
  4. Chairul Tanjung
    Dengar nama Chairul Tanjung pasti langsung ingat TransTV. Sejak beliau masih muda dan duduk di FKG Universitas Indonesia, beliau sudah gemar mencari oportuniti untuk melakukan usaha demi menyambung kehidupannya. Sejak saat itu pula dia sudah mulai belajar mendirikan usaha dan memimpin usahanya tersebut.
    Berkas:Chairul tanjung.jpg
    Mengarahkan usahanya ke konglomerasi, Chairul mereposisikan dirinya ke tiga bisnis inti: keuangan, properti, dan multimedia. Di bidang keuangan, ia mengambil alih Bank Karman yang kini bernama Bank Mega. Ia menamakan perusahaan tersebut dengan Para Group membawahi Para Inti Holdindo sebagai fatherholding company, yang membawahkan beberapa sub-holding, yakni Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo(media dan investasi) dan Para Inti Propertindo (properti). Di bawah grup Para, Chairul Tanjung memiliki sejumlah perusahaan di bidang finansial antara lain Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega Tbk, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah dan Mega Finance.
    Sementara di bidang properti dan investasi, perusahaan tersebut membawahi Para Bandung propertindo, Para Bali Propertindo, Batam Indah Investindo, Mega Indah Propertindo. Dan di bidang penyiaran dan multimedia, Para Group memiliki Trans TV, Trans7, Mahagagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle, dan Trans Studio. Khusus di bisnis properti, Para Group memiliki Bandung Supermall.
    Sementara di bidang investasi, Pada awal 2010, Para Group melalui anak perusahaannya, Trans Corp., membeli sebagian besar saham Carefour, yakni sejumlah 40 persen.
  5. Tina Talisa
    Siapa yang tidak kenal presenter kondang TVone ini? Dokter gigi Tina Talisa yang merupakan lulusan FKG Universitas Padjajaran. Ia juga merupakan mantan finalis Puteri Indonesia 2003, juara I Mojang Jawa Barat 2003, dan juara I Mojang Kota Bandung 2002, ini berkarier sebagai newcaster, berawal dari ketertarikannya di dunia broadcasting saat bekerja di Radio Paramuda dan Radio Mustika.

    Tina selalu hadir setiap sore dalam Reportase Sore, program berita di Trans TV. Pada Mei 2007, pindah ke Lativi yang sejak tahun 2008 ini berubah menjadi stasiun TV dengan fokus berita dan olahraga dengan nama tvOne sebagai asisten produser merangkap news presenter.Ia pernah membawakan acara Apa Kabar Indonesia Malam yang disiarkan rutin di Wisma Nusantara, kawasanBundaran Hotel Indonesia. Pada tanggal 2 November 2011, ia memutuskan keluar dari tvOne tanpa alasan yang jelas. Pada tanggal 1 Desember 2011, Tina Talisa secara resmi bergabung dengan Indosiar sebagai manajer pencari bakat dan pertunjukan, penyiar utama, cuaca, dan olahraga.
  6. Karent Sierra
    Dokter gigi asal New York ini ternyata sudah sering tampil diberbagai macam opera sabun berbahasa spanyol seperti Despierta America, Un Nuevo Dia dan banyak lainnya.  Pernah juga membintangi drama realita berjudul Real Housewives of Miami dan jurubicara untuk Colgate, dan menjadi bintang tamu The Doctors. Walaupun dia aktif di pertelvisian dia juga membuka klinik pribadinya di Coral Gables, Florida, Amerika Serikat.
  7. Rahma Landy
    Dokter gigi lulusan FKG Universitas Trisakti mengawali kariernya melalui pemilihan dan menjuarai Wajah Femina pada tahun 2005. Ditahun 2006, ia dinobatkan menjadi Puteri Indonesia Pariwisata, Posisi tersebut menjadikannya wakil Indonesia pada kontes bertaraf Internasional, Miss International. 
  8. Takako Hotta
    Artis asal Jepang ini selain pandai memerankan peran, dia juga pandai dalam melakukan banyak hal seperti bela diri, menyanyi, menari, berbahasa Mandarin. Ia juga telah membintangi beberapa film yaitu Houkouonchi, Aogunjyo, A Death and Birth of Super Heroin, Searching for Ryu, Back Home Road, Stay Gold dan Love train.

 

Ternyata menjadi dokter gigi bukanlah sebuah akhir dari prestasi kamu, kamu mala bisa tetap melakukan hal yang membuat kamu senang dan tetap berprestasi dibidang itu. Tidak ada alasan buat kamu merasa tidak bisa melakukan hal lain. Justru dengan menjadi dokter gigi dapat menunjang kegiatan dan hobi yang kita sukai. Semoga profil profil tersebut menjadi inspirasi buat kamu yang ingin menjadi dokter gigi atau sudah menjadi dokter gigi!

 

Sumber:
Wikipedia
Takako Hotta
Karent Sierra

One Comment

  1. I’m waiting Dea Safira Basori to be on the list. She is also as great as those people 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: