Skip to content

Cabut gigi bungsu gak yah?

Salah satu pertanyaan yang sering didapati ketika orang tahu kamu dokter gigi, dia akan tanya mengenai gigi bungsunya yang tumbuh miring. Pas kita tanya lagi orang tersebut ternyata enggak hanya gigi bungsunya yang bermasalah tapi ternyata gigi graham nya juga bermasalah. Hayo bingung kan?

Biasanya pasien akan datanng dengan pernyataan giginya tumbuh miring dan sakit banget. Ternyata selain giginya yang tumbuh miring, giginya sering kesangkut makanan. Pas kita tanyain lagi kalau makan panas dan dingin ngilu enggak yah.

Kalau sempe kita akan buka mulut si pasien dan lihat kondisi giginya.

Terkadang gigi bungsunya yang tumbuh miring ini sering buat makanan tersangkut dan itu udah sering banget. Kalau udah kesangkut lama dan jarang dibersihkan maka akan mengakibatkan gigi samping gigi bungsu yaitu gigi graham jadi berlubang.

source: http://www.rafflesmedicalgroup.com

Pada umumnya, maslaah yang terjadi kalau diruntun:

  1. Gigi bungsu yang tumbuh miring, sakitnya seperti bikin gigi sampingnya terdesak.
  2. Gigi bungsu yang tumbuh miring membuat makanan tersangkut
  3. Dengan berjalannya waktu, makanan yang tersangkut membuat gigi sampingnya (gigi graham) dab gigi bungsu berlubang ditambah dengan adanya peradangan disekitar gusi.
  4. Gigi graham dan gigi bungsu yang berlubang akan terasa ngilu ketika makan minum panas dan dingin, dan sakitnya akan bertambah hingga tak bisa tidur, dan bisa jadi jika dibiarkan maka giginya akan mati
  5. Kalau sudah begini ada berbagai macam perawatan yang harus dilakukan:
    1. Gigi bungsu harus dicabut dan prosedurnya dinamakan Odontektomi (operasi pengangkatan gigi bungsu)
    2. Gigi graham harus dirawat, bisa ditambal (jika diagnosa tidak parah) dan jika sudah parah maka harus di rawat saluran akarnya agar giginya dapat dipertahankan
    3. Jika gigi graham tidak ingin dipertahankan atau ingin dicabut maka harus dibuatkan gigi palsu karena jika tidak akan mengakibatkan gigi yang berlawanan dengannya (gigi graham atas) menjadi modot kebawah dan hal ini sangat tidak menguntungkan.

Jadi sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk cabut gigi bungsu?

Waktu yang tepat adalah ketika kamu sudah merasa gigi bungsu ini mengganggu kegiatan sehari hari kamu.

 

Gigi bungsu yang enggak dicabut dapat menimbulkan banyak hal seperti

  • Gigi berlubang
  • Perikoronitis (infeksi gusi)
  • Kista
source www.kcoralsurgery.com

 

Posisi gigi bungsu yang miring ada bermacam-macam:

Posisi gigi bungsu dapat terjadi dalam bentuk apapun

 

source: http://brentjporterdds.com

Biasanya sakit pun dapat terjadi dalam keadaan seperti ini.

 

Pasti kalian masih bingungkan?

Terkadang kondisi ini bikin sakit terus tiba-tiba ngilang sendiri, kadang pula kalia bertanya buat apa cabut gigi yang enggak sakit juga?

Nah sebenarnya gigi bungsu yang tumbunya tidak sempurna akan membuat keadaan menjadi parah jika dibiarkan. Jadi kalau ada gigi yang membandel sepert ini, segera dicabut ya!

Be First to Comment

Leave a Reply

%d bloggers like this: