Skip to content

“Tapi gigiku udah enggak sakit lagi kok”

Sebagai mahasiswa kedokteran gigi pasti sering banget ditanyain tentang gimana gigi bisa sakit. Sudah biasa. Akhirnya kita ambil kesempatan ini buat jelasin dan wawancara pasien (anamnesis sih ceritanya) kenapa sih kok gigi bisa sakit sambil ingat-ngat pelajaran dan belajar menjadikan komunikasi kita lebih baik. Lalu akhirnya kita menjelaskan bagaimana rencana perawatan gigi tersebut pada kondisi gigi tertentu.

Eh tahunya jawaban sipenanya adalah: “Tapi gigiku udah enggak sakit lagi kok!”

Tahu enggak sih sebenarnya kita pengen bilang kalo giginya itu udah mati dan masih banyak komplikasi lainnya yang bakal terjadi kalo gigi yang udah mati itu enggak dirawat?

Orang atau sebut saja si Pasien yang suka nanya nanya pasti jalan ceritanya gini.

“Aku dulu pernah sakit gigi, minum panas dingin ngilu sampai kalau tidur pun nyut nyutan dan kalau enggak ngapa-ngapain pun sakit tiba-tiba. Tapi kata orang kalau sakit gigi dibiarin aja, nanti juga sembuh sendiri dan enggak sakit lagi. Eh ternyata bener! Udah enggak sakit lagi loh!”

Sebenarnya apa yang terjadi si Pasien ini kurang edukasi dan apalagi kalau dengar dari kata orang pun enggak akan berguna juga ilmu yang didapat dari kata orang itu.

Ketika gigi sudah sakit mau itu karena ngilu kena dingin dan panas, kegigit sakit, ngunyah sakit, kesangkut makanan sakit, itu adalah tanda gigi butuh perawatan! Gigi kamu berusaha ngasih tahu kamu kalau dia butuh perawatan.

Penentuan penyakit (diagnosis) yang dialami oleh gigi hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Jadi sebaiknya langsung kedokter gigi ketimbang kamu ke tukang gigi.

Ketika sakitnya dibiarkan saja berlanjut maka proses penyakit yang terjadi pada gigi akan terus berlanjut hingga sakitnya tak bisa ditahan dan jika tak segera ditangani akan menuju kematian gigi.

Dalam kondisi gigi mati, bentuknya bisa bermacam macam. Dari giginya yang sudah berlubang besar hingga giginya yang sisa akar. Biasanya kalau giginya sudah sisa akar, udah enggak bisa dikembalikan kekondisi semula dengan apapun kecuali dicabut dan dipasang gigi palsu.

source poligigi-pmitambaksari.blogspot.com

Ompong dong?

Iya jadinya ompong!

Karena ketika gigi itu sakit kamu udah enggak perduliin dan mutusin membiarkan gigimu sakit hingga akhirnya mati.

Hayo…

Gimana sekarang? Masih mau biarin giginya sakit? Engga kan?

Yaudah sekarang langsung kedokter gigi yah biar dirawat.

 

7 Comments

  1. Hai mak, salam kenal ya, gigiku ompong 3, mau pasang gigi palsu masih ada sedikit rasa takut

    • dea dea

      kenapa takut? Kan nanti gigi lawannya modot karena ga ada temennya, terus lama lama bisa goyang loh gigi lawannya.

  2. waduh benar juga kata kakak nya sakit gigi jangan dibiarkan nanti bisa menuju kematian gigi yang berujung ompong 🙁

    • dea dea

      Betul sekali, semakin dibiarkan gigi akan jadi mati, sama seperti tubuh manusia kalau dibiarkan sakit bisa meninggal. Jadi sayangilah gigi kita!

  3. aku punya gigi bolong. sekarang tinggal akar. sempat sakit trus kmrn ke drg. katanya ga perlu dicabut. lubangnya kecil, strukturnya msh bagus.

    • dea dea

      Kala gitu dirawat aja, jaga kebershan gigi terutam sebelum tidur dan jagan sampai ada makanan nyangkut.

  4. julius chatry uniwaly julius chatry uniwaly

    halo dok… gak sengaja ketemu sama web nya nih, hehehehe ak juga ada masalah dengan gigi yg udah mati nih, ak di puskesmas palmerah loh dok, tks yah buat artikelnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: