Buku Feminis Pemula Asal Indonesia Yang Wajib Kamu Baca

Bagi pemula yang ingin mengenal feminisme, mungkin agak sulit jika harus menelan teori yang njelimet dari buku-buku tebel. Apalagi feminisme memiliki aliran yang banyak dan semuanya masih sangat relevan dari berbagai aspek kehidupan. Nah mungkin kita bisa memulai mengenal feminisme dari pikiran-pikiran yang sederhana dengan konteks kekinian hari ini.

Perempuan Indonesia juga tidak kalah hebatnya menghasilkan pemikirannya sendiri. Tulisan mereka sangat relevan dengan konteks perempuan yang hidup di abad ke 21. Dari urusan publik hingga urusan ranjang pun dibahas secara gamblang. Mereka mengajak kita berrefleksi tentang keadaan sosial hari ini.

Berikut daftar buku feminis pemula asal Indonesia yang wajib kamu baca. Daftar ini akan terus diperbaharui seiring dengan berjalanya waktu.

Muslimah Yang Diperdebatkan – Kalis Mardiasih

Kalis piawai sekali menulis mengenai masalah perempuan yang ada di sekitarnya. Sesekali ia akan membicarakan mengenai dampak kapitalisme pada perempuan dan membuat kita berkaca pada posisi kita sebagai manusia yang dianugerahi kenikmatan. Ia pandai menyusupkan isu-isu yang wajib jadi perhatian kita. Buku ini wajib kamu miliki jika ingin memahami bagaimana feminisme dibutuhkan untuk setiap manusia di muka bumi ini. Kamu bisa dapatkan buku ini di AkalBuku.

Membunuh Hantu-Hantu Patriarki – Dea Safira

Tentunya saya akan memasukkan buku saya sendiri ke dalam daftar ini. Buku saya merupakan pemikiran dan gagasan saya dari masalah yang saya hadapi serta kegelisahan saya tumbuh dan dikonstruksikan sebagai perempuan. Identitas perempuan begitu melekat pada saya beserta tuntutan yang diwajibkan pada saya. Buku ini merupakan upaya saya mendobrak hal itu semua dan membunuh hantu patriarki dari benak saya. Kamu bisa mendapatkan buku ini di BerdikariBook,  Tokopedia, dan Shopee.

Akibat Menabukan Seks – Ester Pandiangan

Buku ini ringan sekali dibaca terkait seks dan segala ketabuannya. Kamu diajak berfikir logis dan mempertanyakan hal remeh soal seks yang kamu temui sehari-hari. Sederhananya Ester membawa gagasan baru dari pengalamannya yang sederhana sehingga tak jarang kamu merasa tulisannya itu gue banget deh. Ester tak hanya membicarakan mengenai seks namun romansa kehidupannya sebagai penulis lepas di kota Jakarta. Kamu bisa mendapatkan buku ini di StanBuku.

Membicarakan Feminisme – Nadya Karima Melati

Nadya adalah seorang sejarawan. Ia memiliki cara untuk mendedah ilmu pengetahuan perempuan. Tentu bukunya membahas bagaimana membedah segala sesuatu dengan perspektif feminis. Kamu bisa belajar memahami feminisme dari buku ini sebelum lanjut ke buku-buku teori feminis berikutnya. Kamu bisa mendapatkan buku ini di BerdikariBook.

Perempuan dan Kapitalisme dan Esai-esai Lain – Miranda Maloka

Miranda sama seperti saya, kalau saya sekolah kedoketan gigi, iapernah menempuh pendidikan dokter dan kini menjadi penulis. Di buku yang ia terbitkan secara mandiri ini ia memberikan kita pemahaman bagaimana kapitalisme berdampak pada kehidupan perempuan. Tentu bahasanya sederhana dan tidak ribet sehingga kamu bisa memulai mempelajari feminisme sebagai alat perjuangan dalam melawan kapitalisme dari buku ini. Kamu bisa dapatkan buku ini di NulisBuku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top