Ulasan Produk FemmyCycle

Sudah bukan zamannya lagi kita menggunakan pembalut sekali pakai yang akan menambah limbah rumah.
Bagi saya pembalut adalah sebuah neraka. Saya harus menggantinya setiap berapa jam sekali. Bahkan terkadang sebanyak berapapun pembalut yang saya beli dan saya gunakan, saya harus mengalami keadaan dimana pembalut saya tidak sanggup menampung darah saya atau terkadang aktifitas keseharian saya membuat posisi pembalut saya tidak berubah sehingga darah yang seharusnya tertampung menjadi bocor.

Terkadang pula pembalut yang ada membuat saya iritasi karena bahan perekatnya tidak berada diposisi yang pas dan menyentuh kulit kelamin saya. Biaya dan rasa kenyamanan tidak saya dapatkan dari pembalut. Selain itu saya juga tidak menyukai tampon karena tampon juga sama borosnya serta menghasilkan dampak limbah rumah yang tidak saya suka.
Banyak yang saya tidak sukai tatkala menggunakan pembalut, hingga akhirnya dua tahun yang lalu saya mulai perlahan menggunakan menstrual cup atau cawan menstruasi untuk menampung darah saya ketika saya mengalami menstruasi.

Saya memutuskan untuk menulis ulasan mengenai FemmyCycle karena kepuasan saya terhadap produk tersebut. Untungnya saya dapat membeli cawan mesntruasi ini ketika teman saya berlibur ke Amerika Serikat.

Gambar oleh Dea Safira Basori

FemmyCycle ini saya dapatkan dengan harga 39 Dollar AS atau setara dengan Rp. 530.000. Memang terkesan agak mahal namun harga ini setara dengan pengeluaran pembalut saya selama setahun. Selain itu cawan menstruasi sifatnya tahan lama karena terbuat dari silikon medis sehingga bisa digunakan ulang untuk periode menstruasi berikutnya. Selain itu untuk menjaga kebersihan dari cawan menstruasi ketika tidak digunakan sangat mudah. Pilihan untuk membersihkannya ujuga beragam.

Untuk FemmyCycle sendiri saya pilih karena disainnya unik. FemmyCycle memiliki disain dengan tambahan (yang saya sebut dengan) leher. Leher ini bentuknya miring kedalam yang berfungsi untuk menahan agar darah yang keluar dari cervix langsung mengalir kedalam cawan menstruasi tanpa takut cawan ini akan bocor. Selain itu leher tambahan tersebut juga dapat menahan agar darah yang tertampung tidak keluar dari cawannya terutama jika kita berada dalam posisi tertentu.

Gambar oleh Amazon

Selain itu FemmyCycle memiliki daya tampung lebih banyak ketimbang cawan menstruasi lainnya sehingga saya tidak perlu khawatir apakah saya perlu buru-buru mengosongkan cawan menstruasi tersebut atau tidak. Saya pun tidak merasakan apapun ketika cawan mensturasi tersebut sudah masuk kedalam vagina, namun saya harus memastikan apakah cawannya sudah menutupi lubang vagina atau tidak. Hal ini dilakukan agar tidak ada darah yang keluar diantara lipatan yang kurang sempurna dari cawan tersebut dan dapat menggunakan jari kamu untuk menyusuri sekitaran vagina.

FemmyCycle sendiri hadir dalam tiga ukuran. Ada yang ukurannya untuk cervix yang pada umumnya dimiliki banyak orang yang bervagina – ukuran reguler, ada yang ukurannya untuk mereka yang memiliki cervix yang lebih rendah – ukuran low cervix. Selain itu juga ada yang ukurannya untuk remaja – ukuran teen. Saya memilih yang berukuran reguler.

Gambar oleh FemmyCylce

Bagi saya cawan menstruasi adalah penyelamat saya. Penyalaman untuk mereka yang memiliki vagina dan bermenstruasi. Memutuskan untuk tetap mempertahankan menstruasi juga pilihan yang tidak mudah. Diluaran sana sudah banyak orang yang memutuskan untuk berhenti menstruasi dengan banyak cara mulai dari pil KB dan IUD. Namun tidak dengan saya.

Alat-alat untuk menampung menstruasi juga bukanlah kemewahan, bukan hal yang tidak bisa disamakan dengan rokok. Mereka yang memutuskan untuk mempertahankan menstruasi mereka juga seharusnya diberi insentif, karena mereka jugalah yang mengemban keberlangsungan hidup manusia dan peradaban.

Namun nyatanya tidak, banyak yang mentabukan membicarakan mengenai darah dan menstruasi. Pengalaman mereka yang menstruasi perlu didengar serta kita perlu mengubah cara pandang kita sendiri mengenai penyediaan produk kesehatan untuk mereka yang bermenstruasi. Walaupun produk ini awalnya terdengar sangat mahal namun produk ini dapat membantu produktifitas mereka yang memilih untuk menstruasi serta membebaskan mereka untuk dapat menentukan pilihan hidupnya.

Sudah saatnya negara dan pemerhati isu kesehatan reproduksi terutama perempuan memikirkan dan berinvestasi dalam meningkatkan ketersediaan akan produk menstruasi yang dapat membantu banyak pihak.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cawan menstruasi, kamu dapat membaca artikel saya di:
Rappler, dan VoxPop

Baca ulasan lainnya yang lebih dalam mengenai cawan menstruasi di Tirto.

Untuk pemesanan FemmyCyle dapat kunjung situs resmi.

Leave a Reply

Back to Top
%d bloggers like this: